Belajar memanusiakan manusia:)

Pernah ga sii kalian tu males  ketika melakukan sesuatu harus dengan paksaan?kalo engga ya gapapa si:v disini aku cuman mau nyampein kalo ga semua orang itu suka melakukan sesuatu dengan paksaan, dipaksa mengaji, dipaksa belajar, dipaksa mengerjakan ini itu, atau mungkin dipaksa mencintai misalnya. Aku tipe orang yang suka mengerjakan apapun tanpa disuruh atau mungkin jika itu suruhan, paksaan bisa jadi malah aku malas atau ngga bersemangat buat ngerjainnya. Yah walaupun aku tahu, dulu aku pernah belajar bahwa tingkat dasar pembentukan karakter adalah "di" "dipaksa" salah satunya. Tapi ya tetap saja sekali lagi aku tegaskan setiap orang berbeda-beda. Ada yang bisa kelakukan sesuatu karena dipaksa, ada pula yg atas dasar dirinya sendiri. Aku hanya ingin bilang kepada kalian untuk belajar memanusiakan manusia, jangan mentang2 kalian lebih dewasa, mentang mentang kalian senior, mentang mentang pimpinanlah, kalian bisa melakukan seseorang dengan seenaknya. Yah walaupun aku tahu kalian mempunyai wewenang untuk itu.Tapi apa salahnya melakukan pendekatan yang beda, yang bisa membuat orang nyaman dengan kita, nurut tanpa mengurangi rasa kemanusian kepada mereka. Toh dengan begitu mereka akan mengerjakan apa yang kita perintahkan apa yang kita sarankan dengan senang hati, bukan menggerutu dibelakang diri. Memaksa dengan cara yang berbeda, bukan mengekang. Yaa aku paham memang kadang semua harus dimuai dgan paksaan, tapi kalo ada cara lain yang lebih nyaman, why not?  aku rasa belajar memanusiakan manusia itu penting dilakukan oleh siapa aja. Bukan apa apa, hukum timbal balik masi berlaku didunia ini. siapa yang mau dihormati maka dia harus menghormati, siapa ingin disayangi maka ia harus menyayangi. Siapa yang ingin di muliakan maka ia harus memuliakan orang lain pula. Sesuai tingkatan pembentukan karakter "barang siapa yang "me" pasti dia akan "di"
Sampai disini paham?? Bukan apa apa..ini hanya pendapatku saja.  Jika tidak sesuai silahkan berpendapat. Setiap orang berhak mengemukakan pendapatnya masing2 kan? Toh kita hidup dinegara yang punya hukum tentang hak asasi manusia. nah jika aku ada salah tolong dimaafkan🙏🏻

Komentar

  1. Nice 🤝 paling utama pelajari diri sendiri terlebih dahulu, selanjutnya bagaimana cara menempatkan karakter diri dengan lingkungan sekitar.

    BalasHapus
  2. tetap jadi seperti kak farah yang ku kenal :v

    BalasHapus

Posting Komentar